Search

Pasukan Jenderal Haftar Rebut Kota Penting Sirte - VOA Indonesia

Pasukan Jenderal Khalifa Haftar mengatakan telah merebut Kota Sirte yang sangat penting dari pasukan pemerintah Libya yang didukung sejumlah negara barat.

Kata juru bicara Tentara Nasional Libya pimpinan Haftar, Senin (6/1/2020), kota itu direbut “hanya dalam waktu beberapa jam” dan kini telah sepenuhnya “dibebaskan” dari tentara pemerintah.

Pemerintah di Tripoli tidak memberikan komentar tentang klaim itu.

Sirte terletak di pantai Laut Tengah dan dianggap penting, karena pasukan Jenderal Haftar menguasai daerah yang terletak di sebelah timur kota itu, dan pasukan pemerintah menguasai kawasan di sebelah barat kota itu.

Kota Sirte juga penting karena dekat dengan ladang-ladang minyak. Kota itu adalah kota kelahiran mendiang Moammar Khadafi, dan pernah dikuasai oleh ISIS, sebelum pemerintah di Tripoli, yang dibantu Amerika berhasil mengusir kelompok ekstremis itu.

Libya terus bergejolak sejak Khadafi digulingkan pada 2011, dan usaha untuk membentuk pemerintah gabungan tidak berhasil. Kedua pihak sedang berusaha memperebutkan Tripoli sejak April lalu, dan ratusan ribu penduduk sipil terlantar. Tentara Turki kini sedang dikerahkan untuk membantu pasukan pemerintah itu. [ii/pp]

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 07, 2020 at 12:43PM
https://ift.tt/2upNkeO

Pasukan Jenderal Haftar Rebut Kota Penting Sirte - VOA Indonesia
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasukan Jenderal Haftar Rebut Kota Penting Sirte - VOA Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.