Search

MIND ID Diberi Tiga Mandat oleh Erick Thohir, Nomor Tiga Penting - idxchannel

IDXChannel – Demi meningkatkan kinerja sektor pertambangan Indonesia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memberikan tiga mandat penting kepada Mining Industry Indonesia (Mind ID) atau holding industri pertambangan.

Sejatinya, Mind ID menaungi lima perusahaan industri tambang di Indonesia, PT Antam Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk (TINS).

Disebutkan Direktur Utama Mind ID Orias Petrus Moedak, tiga mandat yang diberikan itu adalah kepemilikan cadangan tambang, di mana bisa mengamankan 15% hingga 20% saham dalam cadangan atau sumber daya domestik, manage keberlanjutan serta cadangan uang.

“Tentu cita-cita ini tidak sesegera mungkin tercapai dan juga tidak kita ngotot untuk dapatkan. Kami melihat kecepatan produksi dan usia tambang mempengaruhi juga bagaimana kami harus melakukan ekspansi. Dan ini berlaku pada setiap komoditi yang ada di Mind ID,” kata Orias dalam acara IDX Economic Forum di Hotel Aryaduta Jakarta, pada Rabu (29/1/2020).

Ditambahkan Orias, mandat yang kedua adalah hilirisasi. Namun Mind ID masih melihat seberapa banyak atau besar akan masuk ke bagian tersebut, hal itu tergantung dari kondisi masing-masing perusahaan. Ditegaskannya, hilirisasi tidak harus internal tetapi bisa melakukan kerjasama dengan pihak swasta.

“Jadi kita terbuka untuk masuk ke dalam hilirisasi tambang. Yang sudah dikategorikan sebagai hilir seperti aluminium, bukan hanya bauksit. Dan kalau masuk lagi ke dalam seperti perusahaan memproduksi velg atau apa itu terbuka, tapi tidak harus ke sana,” tegas Orias.

Terakhir, mandata ketiga yang diberikan Menteri Erick Thohir kepada Holding industri pertambangan adalah menjadi perusahaan kelas dunia.

“Jangan sampai kita perusahaan kelas dunia tapi gayanya masih bukan kelas dunia. Kita inginkan ada tingkat revenue kita di sini disebutkan USD21 miliar-USD23 miliar. Maka itu salah satu program kami sejalan dengan program Presiden Jokowi meningkatkan kemampuan human capital kita,” tandas Orias. (*)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 24, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/3aTrhOo

MIND ID Diberi Tiga Mandat oleh Erick Thohir, Nomor Tiga Penting - idxchannel
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "MIND ID Diberi Tiga Mandat oleh Erick Thohir, Nomor Tiga Penting - idxchannel"

Post a Comment

Powered by Blogger.