Search

Presiden Jokowi: PEA akan Tetap Jadi Salah Satu Mitra Penting RI - Investor Daily

ABU DHABI, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Persatuan Emirat Arab (PEA) akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi, sedangkan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed.mengatakan bahwa hubungan kedua negara masih dapat ditingkatkan.

Presiden mengemukakan hal tersebut saat didampingi Menteri BUMN Erick Thohir mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan, Abu Dhabi, PEA, Minggu (12/1/2020).


Dalam pertemuan tersebut, 11 perjanjian bisnis antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar US$ 22.89 miliar atau sekitar Rp 314,9 triliun, pertukaran kerjasama tersebut disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed.


Presiden Joko Widodo didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Setpres

Dalam nilai US$ 22,89 itu, BUMN berkontribusi dengan adanya kerjasama antara Pertamina dengan Adnoc untuk kilang Balongan. Abu Dhabi National Oil Company (Adnoc) adalah perusahaan migas yang dibangun pada 1971 yang memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Pertamina juga bekerjasama dengan Mubadala Petroleum dimana akan bekerjasama mengerjakan proyek kilang Balikpapan. Mubadala adalah perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu internasional terkemuka yang mengelola aset dan operasi mencakup 10 negara dengan fokus geografis utama di Timur Tengah dan Afrika Utara, Rusia, dan Asia Tenggara.

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Setpres
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Setpres


Sedangkan Inalum bekerjasama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) yaitu produsen 'aluminium premium' terbesar di dunia. PLN bekerjasama Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) berbasis di Abu Dhabi, UEA.

Masdar akan bermitra dengan cucu usaha PT PLN (Persero) yakni PJB membangun PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Pembangkit ini akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara. BUMN terlibat dalam proyek-proyek yang strategis seperti hilirisasi minyak bumi dan pembangunan proyek PLTS (Floating PV) yang terbesar se-Asia Tenggara.

"Saya akan pastikan kerjasama antara BUMN dengan Persatuan Arab Emirat berjalan dengan baik dan dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan. Dimana alih teknologi juga terjadi, sehingga hasilnya win-win bagi kedua belah pihak. Selain dengan Persatuan Arab Emirat, akan ada lagi kerjasama investasi dengan negara-negara lain. Saya senang tingkat kepercayaan mitra strategis luar negeri terhadap BUMN-BUMN Indonesia semakin meningkat hal ini karena Perusahaan yang dikelola dengan baik, transparan dan mengedepankan GCG," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir.

Sumber : PR

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 16, 2020 at 01:00PM
https://ift.tt/2NyJUNA

Presiden Jokowi: PEA akan Tetap Jadi Salah Satu Mitra Penting RI - Investor Daily
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Jokowi: PEA akan Tetap Jadi Salah Satu Mitra Penting RI - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.