Search

Alasan Holdingisasi di Sektor Pertambangan Penting, Ini Kata Bos MIND ID - idxchannel

IDXChannel – Demi menguatkan daya saing industri tambang dalam negeri, Direktur Utama Mining Industry Indonesia (Mind ID) Orias Petrus Moedak menegaskan bahwa holdingisasi badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan sangat penting.

“Dengan adanya holdingisasi perusahaan-perusahaan BUMN tersebut, model bisnis mereka akan lebih fokus, terarah, dan terhilirisasi,” kata Orias dalam IDX Economic Forum di Ballroom Hotel Aryaduta Jakarta, pada Rabu(29/1/2020).

Holdingisasi BUMN sektor pertambangan menjadi penting, ungkap Orias, hal tersebut akan menurunkan biaya produksi dan mengakselerasi proyek anak usaha dengan katalisator induk holding.

“Jadi kalau anak usaha kita butuh partner, kita bisa menjadi partner-nya, sampai nanti mereka kuat baru kita keluar perlahan. Contohnya Mempawah, karena Antam sendiri mungkin tidak kuat,” tegas Orias.

Kembali sebutkan Orias, contoh sederhana adalah proses produksi aluminium yang selama ini dinilainya tak efisien. Oleh karena itu, dirinya menilai holdingisasi memiliki peran mengefisiensikan hal tersebut.

“Selama ini, kita memproduksi aluminium yang berbahan dasar bauksit. Bauksitnya kita ekspor, diolah jadi alumina, baru kita impor lagi. Setidaknya, dengan adanya holding, kita enggak mau jadi bodoh lagi,” tegas Orias. (*)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 24, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/2Gvk2hH

Alasan Holdingisasi di Sektor Pertambangan Penting, Ini Kata Bos MIND ID - idxchannel
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Holdingisasi di Sektor Pertambangan Penting, Ini Kata Bos MIND ID - idxchannel"

Post a Comment

Powered by Blogger.