Search

PAUD Penting dalam Pembentukan Karakter Positif Anak - Cendana News

LAMPUNG — Penanaman moral melalui pendidikan karakter sejak dini sangat diperlukan untuk membangun tumbuh kembang anak. Keberadaan lembaga pendidikan ini sangat penting untuk membentuk karakter usia pra sekolah yang merupakan masa keemasan anak.

Bunda PAUD Kecamatan Ketapang, Esi Awarsih Madroi menyebutkan, di wilayah kecamatan Ketapang saat ini  terdapat 35 PAUD dengan dukungan dari pemerintah desa melalui pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) untuk honor tenaga pendidik. Sejumlah tendik telah dilatih untuk membentuk karakter anak dan memiliki dedikasi. Sinergi antara pihak kecamatan, desa dan sejumlah PAUD menjadi cara memajukan kualitas pendidikan sejak usia dini.

“Bunda PAUD kecamatan Ketapang terus mendorong agar tenaga pendidik meningkatkan kualitas dan memiliki dedikasi untuk memajukan sumber daya manusia sejak dini dari level desa,” terang Esi Awarsih Madroi saat dikonfirmasi Cendana News, Kamis (13/2/2020)

Sejumlah PAUD menurutnya harus bisa tertib administrasi sehingga menjadi salah satu lembaga pendidikan pra sekolah yang diakui.

Salah satu potensi yang ada di desa menurutnya berkaitan dengan kebudayaan. Desa Legundi sebagai salah satu wilayah dengan kekayaan adat istiadat bisa dikembangkan dengan baik. Salah satu pembentukan karakter yang baik dilakukan dengan pelatihan kesenian tarian daerah.

“Kesenian menjadi salah satu cara mengedukasi anak untuk bisa mengenal budaya sejak dini sebagai pembentukan karakter,” terang Esi Awarsih Madroi.

Bunda PAUD Desa Legundi, Siti Maimunah menyebut pendidikan anak sejak dini sangat penting. Salah satu PAUD yang ada di desanya menjadi sarana bagi anak anak untuk pembentukan karakter.

“PAUD menjadi tempat untuk mendidik anak dalam upaya menjaga kesehatan sejak dini selain persiapan untuk jenjang pendidikan lebih tinggi,” tutur Siti Maimunah.

Perhatian bagi tenaga pendidik menurutnya dilakukan dengan peningkatan kualitas SDM. Sebab sejumlah tendik yang berdedikasi memiliki beragam latar belakang. Pengembangan kemampuan ilakukan melalui pendidikan lanjutan sehingga memiliki sertifikasi yang tepat.

Mulkan, kepala desa Legundi menyebut pendidikan anak usia dini menjadi salah satu tugas setiap desa. Program PAUD setiap desa menurutnya disediakan dengan penyiapan fasilitas dan dukungan anggaran. Sinergi antara PAUD dengan desa menurutnya dilakukan dengan adanya alokasi DD untuk sektor pendidikan.

Keberadaan PAUD menurutnya bisa membantu pemerintah desa dalam mendidik karakter anak yang positif sebagai generasi masa depan berkualitas. Berbagai nilai edukasi mengenai perkembangan zaman mengenai media sosial, kesehatan dan budi pekerti akan lebih mudah disampaikan oleh sejumlah tendik.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
February 13, 2020 at 11:03AM
https://ift.tt/2SKvD1Q

PAUD Penting dalam Pembentukan Karakter Positif Anak - Cendana News
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PAUD Penting dalam Pembentukan Karakter Positif Anak - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.