Search

Penting, Ajarkan Ini saat Anak Berusia 3 Tahun - Merah Putih

PERILAKU si kecil merupakan hasil didikan orang tua. Hal ini membuat para orang tua berlomba-lomba untuk memberikan pendidikan terbaik. Tak jarang juga orang tua yang mengikuti workshop seputar parenting untuk mendapatkan inspirasi mendidik anak.

Peran moms dalam mendidik pun sangat besar ketika si kecil berusia tiga tahun. Pada usia ini, perkembangan anak cukup pesat. Oleh karena itu, moms perlu mengajarkan tiga hal wajib ini kepada si kecil, antara lain:

Baca juga:

Gunakan Kata 'Jangan' Pada Anak dengan Bijak

1. Berbagi dengan orang lain

Ajarkan si kecil berbagi (Foto: Pexels/cottonbro)

Pada usia tiga sampai empat tahun anak akan lebih peka terhadap sekitarnya. Ia memahami kondisi teman yang sedih atau ketika temannya dimarahi oleh gurunya. Ini kesempatan moms untuk mengajarkan si kecil berbagi.

Mulailah mengajarkan si kecil berbagai hal kecil. Misalnya, bawakan si kecil biskuit ke sekolah. Ajarkan si kecil untuk berbagi biskuit kepada temannya. Moms juga bisa mengajarkan si kecil untuk meminjamkan benda atau mainan kepada temannya. Si kecil akan membangun kebiasaan baik untuk dirinya.

2. Mengendalikan emosi

Jangan marahi anak saat emosi (Foto: Pexels/Mohamed Abdelgaffar)

Emosi anak umur tiga tahun sudah mulai bisa dikeluarkan atau diekspresikan. Tak jarang juga si kecil mengeluarkan emosinya dengan cara-cara yang mungkin mengejutkan beberapa orang tua.

Baca juga:

Salah Pola Asuh, Hancurkan Anak

Emosi anak kecil tentu berbeda dengan emosi orang dewasa. Si kecil tidak akan perbuatannya salah. Moms harus sabar. Tidak perlu memarahi si kecil. Ajarkan si kecil untuk mengendalikan emosinya. Moms bisa mencobanya dengan menjelaskan emosi akan membuat orang sekitarnya menjauh.

3. Kedisiplinan

Ajarkan kedisiplinan (Foto: Pexels/Alena Shekhovtcova)

Kedisiplinan sangat penting diajarkan di usia dini. Mulai dari waktu tidur, merapikan mainan yang sudah selesai digunakan, atau menggunakan alat makan yang baik. Hal-hal itu memang terlihat sederhana. Namun, jika sudah terbiasa, si kecil akan tumbuh dengan sikap bertanggung jawab.

Yuk moms, berikan pendidikan terbaik untuk si kecil. (lio)

Baca juga:

Hati-hati Terjebak Dalam Pola Asuh Hyper-Parenting

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
February 03, 2020 at 08:37AM
https://ift.tt/2v0KX2s

Penting, Ajarkan Ini saat Anak Berusia 3 Tahun - Merah Putih
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting, Ajarkan Ini saat Anak Berusia 3 Tahun - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.