Search

Mengamankan Mitra Strategis: Lima Tips Penting untuk Startup - iNews

JAKARTA, iNews.id - Jika ada satu hal penting yang sering sekali diabaikan oleh kalangan pengusaha, itu adalah nilai dari adanya mitra strategis. Mengamankan mitra strategis dapat membantu perusahaan Anda dalam membangun kredibilitas yang baik, berekspansi ke tempat-tempat baru, dan memperluas pasar penjualan. 

Adapun mitra strategis juga dapat membantu perusahaan Anda agar dikenal secara nasional maupun internasional. Belum lagi mengenai bagaimana mitra strategis menggunakan pengaruh bisnis dan penjualannya untuk membantu perkembangan perusahaan Anda.

Agar Anda dapat menempatkan diri sebagai pilihan terbaik kepada calon mitra strategis, Anda perlu mengingat lima saran ini seperti dikutip dari Forbes, Rabu (1/1/2019).

Tunjukkan kepada mereka uangnya

Anda pertama-tama harus membuktikan kalau perusahaan Anda dapat memperoleh konsumen-konsumen yang baru dan banyak beserta uang mereka. Semakin banyak, semakin baik. Oleh karenanya, merebut hati konsumen adalah salah satu hal yang paling penting bagi perusahaan Anda. Dalam hal ini, uang yang akan bicara, dan hal tersebut dapat memperbesar peluang Anda untuk didengar oleh calon mitra strategis.

Apa pun yang pesaing bisa lakukan, Anda harus melakukan lebih baik lagi. Jika perusahaan Anda tidak berada dalam level tertinggi, perusahaan kompetitor dapat menyaingi dengan meluncurkan teknologi terbaru. Ini bisa terjadi karena pada umumnya, perusahaan startup hanya akan berkecimpung dalam satu bidang bisnis saja. 

Oleh karenanya, Anda harus membuat perusahaan yang paling baik di antara yang terbaik. Hal ini dapat Anda lakukan dengan membangun sebuah tim yang dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai visi ke depan melalui berbagai inovasi produk.

Kerjakan pekerjaan rumahmu

Penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu kriteria penilaian seperti apa yang dimiliki oleh calon mitra strategis. Nantinya, peluang Anda untuk mendapatkan mitra strategis menjadi lebih besar. Hal ini dapat terjadi apabila Anda telah mengetahui kesamaan perusahaan yang dimiliki dengan calon mitra strategis. Kesamaan tersebut biasanya mencakup kesamaan tujuan, visi, dan hasrat. Tanpa adanya kesamaan tersebut, Anda memiliki kemungkinan untuk mencapai kegagalan dalam mengajak kerjas ama calon mitra strategis.

Selalu miliki pilihan terbuka

Ketika berpikir mengenai mitra strategis, Anda jangan menjatuhkan pilihan di satu entitas saja. Selalu ingat bahwa pilihan-pilihan dari calon mitra strategis Anda adalah pesaing yang lain. Jika Anda memiliki negosiasi yang sedang berjalan dengan beberapa calon mitra strategis, maka akan memiliki posisi daya tawar lebih baik. Jika hanya berfokus pada satu calon mitra strategis, Anda nantinya justru dapat berpotensi tidak memiliki mitra strategis sama sekali.

Selain itu, Anda harus menjadi independen selama negosiasi dengan calon mitra strategis berlangsung. Hal ini dapat terjadi jika Anda telah memiliki kondisi finansial stabil, yang didukung dengan pasar penjualan yang terjamin. 

Jika memang syarat dan ketentuan yang diatur oleh calon mitra strategis justru merugikan, Anda bisa saja mundur dari proses negosiasi tersebut. Hal tersebut dapat menjadi hantaman kuat dari Anda kepada calon mitra strategis yang merugikan tersebut.

Kesabaran adalah kuncinya

Kemitraan tidak dapat langsung terwujud dalam satu malam. Oleh karenanya, Anda perlu membangun koneksi dengan calon-calon investor potensial sejak jauh-jauh hari, bahkan lebih baik jika koneksi tersebut dibangun sebelum membutuhkan uang dari calon investor tersebut. Anda harus bisa membangun sebuah koneksi mutualisme dengan calon-calon investor tersebut. 

Nantinya, calon-calon investor tersebut akan melihat perkembangan perusahaan Anda dari waktu ke waktu. Jika nantinya perusahaan Anda dapat terus menghasilkan pendapatan dan memperluas pasar penjualan, calon-calon investor tersebut akan menjadi lebih tertarik dan berminat untuk menjadi mitra strategis perusahaan.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 01, 2020 at 09:02PM
https://ift.tt/2QdvLag

Mengamankan Mitra Strategis: Lima Tips Penting untuk Startup - iNews
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengamankan Mitra Strategis: Lima Tips Penting untuk Startup - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.