Search

10 Fungsi Ginjal yang Penting Bagi Tubuh dan Cara Menjaganya - merdeka.com

10 Fungsi Ginjal yang Penting Bagi Tubuh dan Cara Menjaganya 5 fungsi ginjal bagi tubuh. medicalnewstoday.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ginjal merupakan organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Ginjal terdiri dari dua bagian yaitu kiri dan kanan berukuran sekitar 10-12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan.

Bisa dibilang ginjal juga merupakan salah satu organ yang sangat vital dalam kehidupan karena ragam fungsinya untuk kelangsungan hidup seseorang, seperti menyaring darah dan mensekresi atau membuang cairan dari tubuh.

Karena terletak di bagian dalam tubuh, menjadikan banyak orang kerap kali tidak menyadari kondisi ginjalnya pada saat bermasalah. Untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga secara rutin, mengontrol berat badan, rutin melakukan medical chekup perbanyak minum air putih dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih jelas akan fungsi ginjal dan cara menjaganya, berikut ini ada 10 fungsi ginjal yang penting bagi tubuh dan cara menjaganya telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Jumat (13/3).

1 dari 10 halaman

1. Membentuk Urin

Fungsi ginjal yang paling umum dan sudah banyak diketahui orang adalah membentuk urin. Urin pada umumnya terdiri dari air, urea, dan ammonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

5 fungsi ginjal bagi tubuh

theconversation.com 2020 Merdeka.com

Maka dari itu demi lancarnya sekresi cairan penting bagi kamu untuk selalu menaga kesehatan ginjal dengan cara berolahraga dan memperbanyak minum air putih.

2 dari 10 halaman

2. Mengontrol Tekanan Darah

Ada dua hormone yang kerap dihasilkan ginjal yaitu renin dan angiotensin yang ternyata dalam hal ini berfungsi untuk mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat fungsi keduanya sangat berkaitan dengan tekanan darah dalam tubuh.

ilustrasi tekanan darah tinggi

Shutterstock/Krasimira Nevenova


Maka mulai sekarang perhatikan kesehatan ginjal karena ginjal yang berfungsi dengan baik tentu akan membuat tekanan darah jauh lebih terkontrol.

3 dari 10 halaman

3. Menjaga Jumlah Air dalam Tubuh

Kebanyakan orang beranggapan bahwa semakin banyak air terkandung di dalam tubuh maka akan semakin baik. Namun kenyataannya hal tersebut tidak benar.

minum air putih

2020 Merdeka.com


Jumlah air yang terlalu tinggi justru dapat memengarui konsentrasi darah. Fungsi ginjal lainnya kemudian menjalankan fungsi osmoregulasi yakni membuang kelebihan air dan mengeluarkannya dalam bentuk urin

4 dari 10 halaman

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

pixabay.com 2020 Merdeka.com

Fungsi ginjal berikutnya sangat erat dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Fungsi kedua hormone tersebut yaitu insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi, sedangkan adrenalin bertugas meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.

5 dari 10 halaman

5. Mendaur Ulang Zat dalam Tubuh

Fungsi ginjal yang harus kamu ketahui lainnya adalah untuk mendaur ulang zat dalam tubuh. beberapa zat tubuh yang didaur ulang oleh ginjal adalah glukosa, asam amino, dan garam.

Jika sudah tidak dibutuhkan lagi maka zat tersebut akan dibuang bersamaan dengan urin. Namun jika masih dibutuhkan maka zat tersebut langsung diedarkan bersamaan dengan darah.

6 dari 10 halaman

6. Menjaga Kesehatan Tulang

4 fungsi tulang bagi tubuh

healthline.com 2020 Merdeka.com

Kalo kamu berpikir ginjal tidak ada kaitannya dengan tulang maka itu merupakan pikiran yang keliru. Karena salah satu fungsi ginjal adalah memproduksi calcitriol, zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

7 dari 10 halaman

7. Mengatur Kadar Asam dan Basa Tubuh

Selain menjaga kesehatan tulang ginjal juga memiliki fungsi mengatur keseimbangan jumlah asam dan basa dalam tubuh. Ketika jumlah salah satunya dianggap telah melebihi batas normal maka ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urin.

Bayangkan bila ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik, maka dengan mudah kamu akan mudah terkena penyakit yang erat kaitannya dengan kelebihan jumlah asam dan basa tubuh.

8 dari 10 halaman

8. Menyaring dan Membersihkan Darah

Fungsi ginjal berikutnya adalah untuk menyaring serta membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

ilustrasi tes darah

cardi.ie

Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah terlebih dahulu melewati proses penyaringan di ginjal, khususnya di bagian nefron. Sisa buangan ini kemudian akan dibuang bersamaan dengan urin.

9 dari 10 halaman

9. Merangsang Pembentukan Sel Darah Merah

Ginjal memiliki fungsi lainnya yaitu untuk memproduksi hormon eritropoietin. Hormon tersebut memiliki cara kerja dengan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. Karena fungsinya yang amat penting sudah seharusnya ginjal dijaga dengan hati-hati.

10 dari 10 halaman

10. Mengatur Jumlah Kalium dalam Darah

Memiliki jumlah kalium yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak baik untuk kesehatan. Pada saat jumlah kalium terlalu banyak maka kamu akan mengalami kondisi yang sering disebut hiperkalemia yang dapat menyebabkan kerja otot jantung melambat, bahkan dapat berujung pada kematian.

Sedangkan bila jumlah kalium terlalu rendah maka otot tubuh akan melemah sehingga kamu akan lebih rentan mengalami kelelahan. Dalam hal ini fungsi ginjal adalah untuk menjaga jumlah kalium agar tetap ideal sehingga tubuh dapat bekerja dengan normal.

[nof]

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 14, 2020 at 11:06AM
https://ift.tt/3aRs4OX

10 Fungsi Ginjal yang Penting Bagi Tubuh dan Cara Menjaganya - merdeka.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Fungsi Ginjal yang Penting Bagi Tubuh dan Cara Menjaganya - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.