Search

Bertahan di Tengah Wabah Korona, Catat 3 Tips Finansial Penting Ini - iNews

JAKARTA, iNews.id - Wabah virus korona telah membuat ekonomi mengalami tekanan serius. Masyarakat harus menyiapkan kondisi finansial yang memadai untuk bertahan melewati situasi tersebut.

Berikut sejumlah tips keuangan penting di tengah wabah korona dikutip iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (22/3/2020):

1. Hindari Penggunaan Uang Tunai

Anda perlu menghindari transaksi dengan memakai uang tunai. Mengapa? Uang yang Anda simpan di dompet sudah dipegang oleh banyak orang.

Secara teori, ada kemungkinan virus korona menyebar akibat menyentuh uang kertas atau koin.

Anda bisa memanfaatkan platform digital saat transaksi, baik lewat kartu kredit, dompet digital, atau mobile banking. Selain itu, transaksi digital juga menghindari Anda belanja secara berdesak-desakan dengan orang lain.

2. Fokus Perbanyak Tabungan

Dalam kondisi ketidakpastian, cash is the king alias uang cash adalah segalanya. Anda perlu berjaga-jaga karena risiko saat ini sangat tinggi, termasuk pekerjaan Anda.

Uang tersebut akan berguna bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kemungkinan keperluan medis. Berhemat dalam situasi ini juga penting. Jadi perbanyak dana darurat Anda hingga wabah selesai.

3. Meminjam Uang di Bank

Sebagian profesi seperti ojek online atau pelaku UKM bisa menghadapi kesulitan keuangan di tengah wabah virus korona Covid-19. Anda bisa mempertimbangkan pengajuan pinjaman ke bank. Namun, perhatikan kapasitas Anda dalam membayar.

Terlebih, suku bunga di tengah situasi ini berpotensi terus menurun dan likuiditas bank lebih baik. Dalam situasi ini, bank dan lembaga keuangan lain telah diberikan relaksasi oleh BI dan OJK untuk meminjamkan uang kepada nasabah, termasuk metode penagihan.

Anda bisa berkonsultasi kepada petugas bank untuk mengatasi masalah dan pastikan Anda menjelaskan situasi keuangan Anda saat ini secara jelas dan sopan. Ingat, pinjaman ke bank harus jadi solusi terakhir.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 22, 2020 at 05:23PM
https://ift.tt/397yMPp

Bertahan di Tengah Wabah Korona, Catat 3 Tips Finansial Penting Ini - iNews
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertahan di Tengah Wabah Korona, Catat 3 Tips Finansial Penting Ini - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.