Search

Soft Skill Sangat Penting bagi Lulusan Perguruan Tinggi - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews

  • Sabtu, 14 Maret 2020 | 08:24 WIB
  • Penulis:
    • Jati Prihatnomo

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rektor Unisbank Semarang, Dr Safik Faozi, menyampaikan soft skill sangat penting bagi lulusan perguruan tinggi. Ia merasa dirinya tidak memiliki kemampuan hard skill tidak begitu bagus. Tetapi, dirinya memiliki semangat untuk selalu berkembang dan menatap masa depan. “Tuhan tidak menciptakan manusia bodoh. Tetapi, manusia itulah, mau memperbodohkan diri atau cerdas. Oleh karena itu, soft skill itu kata kunci luar bisa,” ungkapnya.

Safik mencontohkan, banyak para penemu yang meraih nobel itu nilai fisika pada waktu kuliah tak bagus. Tetapi begitu masuk dunia kerja, dengan semangat mau belajar, maka ia kemudian ternyata mampu memperoleh hadiah nobel.  

"Mahasiswa harus memiliki beberapa soft skill. Di antaranya, integrity (berintegritas), teamwork (kemampuan kerja sama), leadership (kepemimpinan), adaptability (beradaptasi), networking (membangun jejaring), dan knowledge of problem solving (pengetahuan untuk memecahkan masalah), bagi Unisbank, soft skill merupakan suatu kompetensi yang mutlak dibutuhkan,” tuturnya.

Sementara Customer Development Manager Nutrifood, Bastian Zeller menambahkan, dirinya bisa berkarir di Nutrifood seperti saat ini juga berkat kemampuan soft skill. Dirinya membeberkan dua hal rahasia sukses dalam karir.

"Pertama, yang dibutuhkan di era saat ini adalah agile, maksudnya lincah, tangkas, dan adaptif.  Bagaimana caranya, kita bisa adaptif dengan hal-hal baru karena disrupsi bisa terjadi kapan pun. Kedua, on leadership. Dulu, on leadership gayanya lazim dengan orang yang berkharisma dan memiliki strength point," jelasnya.

Content Creator, Agnes Yi, kunci keberhasilan seseorang ditentukan oleh beberapa faktor. Yakni kemampuan untuk belajar, mencoba, beradaptasi dan berkreasi.  "Itu penting untuk mencapai tujuan,” tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 14, 2020 at 08:24AM
https://ift.tt/2vjwOxC

Soft Skill Sangat Penting bagi Lulusan Perguruan Tinggi - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soft Skill Sangat Penting bagi Lulusan Perguruan Tinggi - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.