Search

Barang Penting yang Harus Diselamatkan saat Banjir - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Mengawali tahun 2020, sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitar dikepung banjir. Penyebabnya curah hujan tinggi yang tak kunjung berhenti sejak 31 Desember 2019 sore hingga 1 Januari 2020 siang.

Dampaknya, banjir pun sampai masuk ke rumah warga dan beberapa mobil ikut hanyut terbawa aliran air. Jika hal ini terjadi, Anda bersama keluarga tentu harus mempersiapkan diri untuk segera bergegas meninggalkan rumah dan mencari tempat pengungsian yang lebih aman.

Membawa serta barang-barang mungkin akan dilakukan. Namun dengan ketersediaan tenaga, tidak semuanya bisa diikutsertakan. Melansir dari situs Secrets of Survival dan ABS-CBN News, berikut adalah empat barang utama yang wajib dibawa saat meninggalkan rumah karena banjir.

Air bersih
Air bersih adalah hal pertama yang wajib dibawa saat banjir sebab banjir menyebabkan hampir seluruh aliran air menjadi kotor sehingga berdampak pada krisis air bersih. Padahal, air bersih sangat dibutuhkan, khususnya untuk minum agar tubuh tetap sehat dan tidak dehidrasi. Sebaliknya, jika lupa membawa air bersih dan mengandalkan air yang ada, diare sangat mungkin diderita.

Telepon genggam
Telepon genggam juga tidak boleh dilupakan saat mengungsi sebab bisa menjadi sumber informasi. Misalnya, Anda bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga yang jauh untuk mengetahui apa yang terjadi. Membaca dan mendengarkan berita juga bisa didapatkan agar Anda tahu apa yang bisa dilakukan selama mengungsi.

Obat-obatan
P3K adalah hal yang wajib dibawa pula. Jika memiliki riwayat penyakit lain, bawa serta obat-obatan tersebut. Meski nantinya akan ada petugas kesehatan, Anda wajib menyadari bukan Anda saja yang membutuhkan pertolongan sehingga penting mempersiapkan obat-obatan agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam merawat diri.

Uang tunai
Dalam keadaan banjir, banyak pusat perbelanjaan dan bank yang tutup. Listrik di area sekitar juga pasti akan dimatikan untuk menghindari korslet sehingga mendapatkan uang sangatlah susah. Padahal, uang sangat dibutuhkan untuk membeli segala sesuatu dalam keadaan genting. Jadi, sebaiknya siapkan uang dalam jumlah yang besar dan bawa saat mengungsi.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 02, 2020 at 09:20AM
https://ift.tt/2tk12iI

Barang Penting yang Harus Diselamatkan saat Banjir - Tempo
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Barang Penting yang Harus Diselamatkan saat Banjir - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.