Search

Penting Memakai Hand Cream Setiap Hari, Ini Manfaatnya! - Suara.com

Suara.com - Penting Memakai Hand Cream Setiap Hari, Ini Manfaatnya!

Sepele, tapi tidak menggunakan hand cream bisa membuat tangan kasar dan belang karena terkena sinar matahari. Tak jarang aktivitas yang dilakukan membuat tangan juga terkena bakteri dan zat kimia yang membahayakan kesehatan kulit tangan.

Akibatnya, kulit tangan menjadi kering atau bahkan mengalami iritasi. Kondisi seperti ini tentunya akan menghambat aktivitas Anda. Memakai hand cream dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit tangan yang kering, mencegah penuaan dini, sekaligus masalah kulit yang lebih serius seperti eksim dilansir Hello Sehat.

Apakah hand cream memiliki kandungan khusus?

Hand cream mengandung formula khusus yang bermanfaat bagi kesehatan kulit tangan. Dalam hal perawatan, kulit tangan lebih cepat mengalami penuaan dibandingkan kulit wajah.

Maka dari itu diperlukan perawatan khusus jika ingin kulit tangan tetap sehat dan kencang, salah satunya dengan memakai hand cream secara rutin.

Pada dasarnya kandungan yang terdapat pada hand cream yang berfungsi meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit juga memberi efek pencegahan penuaan dini. Terdapat nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit sehingga mencegah munculnya kerutan, hilangnya pigmentasi, hingga dehidrasi kulit.

Berdasarkan Akademi Dermatologi Amerika, produk hand cream yang efektif dalam melembabkan kulit biasanya mengandung:

Petrolatum (juga disebut petroleum jelly)
Mineral oil
Shea butter
Lanolin
Dimethicone (sejenis silikon)
Asam hialuronat
Gliserin
Asam laktat (yang dapat menyengat bila diterapkan pada kulit yang rusak)
Urea
Selain itu, hand cream juga memiliki manfaat lain dalam hal mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, produk hand cream yang mengandung adalimumab terbukti efektif dalam membantu penyembuhan beberapa penyakit kulit, termasuk di antaranya eksim.

Hand cream vs body lotion, mana yang terbaik?

Hand cream sekilas memiliki kegunaan yang sama dengan body lotion, yaitu sama-sama meningkatkan kelembapan kulit sekaligus meberi efek proteksi terhadap elastisitas kulit.

Lantas, apa perbedaan dari keduanya? Apakah tidak bisa mengatasi permasalahan kulit tangan yang kering dengan menggunakan body lotion? Kenapa harus tetap memakai hand cream?

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit tangan memiliki karakteristik tersendiri. Kulit tangan merupakan salah satu bagian kulit yang paling cepat mengelami penuaan. Kulit di bagian belakang telapak tangan cenderung lebih tipis dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya, sehingga lebih rentan memunculkan kerutan seiring pertambahan usia.

Apalagi di antara anggota tubuh lainnya, tangan lebih sering digunakan secara intens dan terkena paparan berbagai macam zat, termasuk yang berbahaya. Mulai dari mencuci, memasak, sampai mengetik saat bekerja. Semua aktivitas ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan kulit tangan.

Oleh sebab itu, kulit tangan membutuhkan perawatan yang berbeda dengan bagian kulit lainnya. Body lotion tidak memuat kandungan yang secara khusus membantu meningkatkan elastisitas serta kesehatan kulit tangan

Seberapa sering sebaiknya memakai hand cream?

Untuk mengetahui frekuensi penggunaan hand cream yang terbaik, sebenarnya sangat bergantung dengan kondisi kulit masing-masing orang. Jika kondisi kulit tangan Anda benar-benar kering sampai mengganggu aktivitas Anda, disarankan untuk menggunakannya setiap hari atau setiap hendak beraktivitas.

Namun Anda juga dianjurkan untuk memakai hand cream ketika:

Setelah terkena paparan bahan kimia dalam waktu yang lama seperti setelah mencuci pakaian, peralatan rumah tangga, dan membersihkan rumah dengan pembersih kimia.

Setelah melakukan aktivitas yang membuat Anda melakukan kontak langsung dengan air dalam waktu yang lama.

Setelah mandi karena seusai dibersihkan kulit lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam hand cream sehingga lebih cepat melembabkan kulit. 

Jadi mulai biasakan menggunakan hand cream untuk menjaga kelembutan dan kesehatan tangan Anda. 

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
January 13, 2020 at 10:44AM
https://ift.tt/2QLyx6M

Penting Memakai Hand Cream Setiap Hari, Ini Manfaatnya! - Suara.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting Memakai Hand Cream Setiap Hari, Ini Manfaatnya! - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.