Search

4 Aturan Penting Mempertahankan Kekayaan | merdeka.com - merdeka.com

Jumat, 20 Desember 2019 06:00 Reporter : Merdeka
4 Aturan Penting Mempertahankan Kekayaan Ilustrasi orang kaya. ©Shutterstock/Sergey Nivens

Merdeka.com - Tak dipungkiri lagi, semua orang pasti ingin hidup kaya dan berkecukupan. Tak berhenti di situ, orang yang sudah kaya juga akan mempertahankan kekayaannya untuk jangka panjang yang selanjutnya menjalani kehidupan yang bahagia dan damai.

Namun, kadang untuk mempertahankan kekayaan tersebut banyak yang kurang disiplin. Padahal, harus diketahui bila mengatur kekayaan membutuhkan proses jangka panjang yang tumbuh seiring dengan waktu.

Untuk mencapai itu, ada beberapa aturan dalam mempertahankan kekayaan tersebut, terlepas dari tujuan keuangan Anda.

Dikutip dari Laruno, berikut empat aturan untuk mengatur kekayaan:

1 dari 4 halaman

Ketahui Nilai Sebenarnya

Ini adalah langkah pertama untuk membuat rencana keuangan yang solid untuk diri sendiri. Ketika Anda tahu detail nilai kekayaan bersih, tentu bisa mengetahui jumlah aset dan kewajiban. Mengetahui kekayaan bersih memungkinkan Anda untuk menghadapi realitas situasi keuangan saat ini.

Tinjauan atas kekayaan bersih membantu menentukan di mana tepatnya Anda berdiri. Ini menunjukkan kemana uang pergi, ini juga memberi peringatan jika tidak menuju ke arah yang benar.

2 dari 4 halaman

Minimkan Pengeluaran

Untuk menciptakan kekayaan, Anda harus memiliki dana surplus untuk berinvestasi di pasar. Anda tidak seharusnya menghabiskan semua penghasilan bulanan untuk kesenangan. Membuat anggaran bulanan adalah cara terbaik untuk memulai.

3 dari 4 halaman

Bijak Investasi

Anda harus memiliki sisa dana untuk berinvestasi. Namun, ada begitu banyak skema dan produk di pasar untuk diinvestasikan. Jangan pertaruhkan uang hasil jerih payah pada produk yang rumit untuk dipahami.

Kualitas aset yang layak dapat menawarkan pertumbuhan modal dan juga pendapatan, Anda perlu mempertimbangkan sebelum berinvestasi dalam instrumen keuangan apa pun.

Berbicaralah dengan ahli keuangan untuk rencana pengelolaan kekayaan agar terorganisir dengan baik.

4 dari 4 halaman

Rencana Pensiun

Merencanakan pensiun adalah bagian penting dari rencana manajemen kekayaan. Anda perlu berinvestasi sedemikian rupa bahkan setelah kehidupan sukses.

Anda dapat memiliki sumber penghasilan tetap dan terus membangun kekayaan, juga dapat memanfaatkan pajak tertentu. Lebih penting lagi, Anda akan memiliki kedamaian pikiran.

[idr]

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
December 20, 2019 at 06:00AM
https://ift.tt/34Ed7w3

4 Aturan Penting Mempertahankan Kekayaan | merdeka.com - merdeka.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Aturan Penting Mempertahankan Kekayaan | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.