Search

Cegah Virus Corona, Ini 5 Waktu Paling Penting untuk Cuci Tangan - sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Tangan adalah media utama untuk penyebaran virus dan bakteri. Dilansir dari tempo.co, sebab tangan bisa menyentuh sumber penyakit dari hewan, antar manusia maupun benda mati. Salah satu hal penting untuk mencegahnya adalah dengan cuci tangan. 

Selama pandemi virus corona ini pun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk rajin cuci tangan. Adapun waktu-waktu penting untuk mencuci tangan agar efektif melindungi diri. Kapan saja?

Sebelum makan

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Kuntjoro Adi Purjanto mengatakan bahwa setiap orang wajib cuci tangan sebelum makan pagi, siang dan malam hari. Ini didasari oleh tangan yang kotor dan digunakan untuk makan, bisa memasukkan virus dan bakteri ke dalam tubuh.

“Selain virus yang mewabah, berbagai masalah kesehatan juga bisa didapat dari malas mencuci tangan, seperti diare, influenza, hingga hepatitis,” katanya dalam acara Pencegahan Covid-19 di Jakarta pada Jumat, 13 Maret 2020.

Setelah bepergian

Apabila baru melakukan aktivitas di luar rumah, ada baiknya untuk mencuci tangan. Sebab menurut Kuntjoro, selama perjalanan seseorang pasti terpapar polusi udara dan menyentuh berbagai hal. “Kita tidak sadar kalau hal ini membuat mikroorganisme menempel di tangan kita. Jadi cuci tangan sesampainya di rumah itu penting sekali,” katanya.

Setelah dari toilet

Jutaan kuman bisa Anda temukan di dalam toilet, tak terkecuali toilet bersih dan kering. Pada toilet umum, banyak orang yang menggunakannya, sehingga berbagai penyakit sangat mungkin menyerang. “Cuci tangan yang bersih pakai sabun dan air mengalir setelah menggunakan toilet. Jangan lupa tangan dikeringkan agar tidak memicu kuman menempel kembali,” katanya.

Setelah menyentuh hewan

Khususnya bagi Anda yang gemar bermain dengan hewan maupun memiliki hewan peliharaan, sangat penting untuk mencuci tangan. Kuntjoro menjelaskan bahwa di balik tubuh hewan yang menggemaskan, terdapat kuman tak kasat mata. “Jangan lupa dengan hewan karena dia juga bisa menjadi carrier (membawa penyakit),” katanya.

Saat mandi

Banyak yang tidak menyadari bahwa kuman dan bakteri sangat rentan menempel pada tangan saat mandi. Jelas saja, ini karena tangan bertugas untuk menggosok seluruh badan. Sehingga seluruh mikroorganisme berpindah ke tangan. “Cuci tangan lagi penting supaya tidak ada yang tersisa di tangan saat mandi,” katanya.

Sumber : tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com

E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 17, 2020 at 06:00AM
https://ift.tt/391tqWd

Cegah Virus Corona, Ini 5 Waktu Paling Penting untuk Cuci Tangan - sukabumiupdate
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Virus Corona, Ini 5 Waktu Paling Penting untuk Cuci Tangan - sukabumiupdate"

Post a Comment

Powered by Blogger.