Search

Alasan Perencanaan Keuangan Sangat Penting pada Masa Kini - Indozone.id

INDOZONE.ID - Merencanakan keuangan pada zaman sekarang ini terbilang sangat penting. Pasalnya, saat ini masyarakat dituntut memenuhi kebutuhan hidup yang terbilang tinggi.

Berdasarkan riset yang dilakukan salah satu bank swasta, total belanja masyrakat Indonesia mencapai Rp8.400 triliun pada 2018. Jumlah itu diyakini meningkat di tahun berikutnya.

Total belanja masyrakat Indonesia disebut mengungguli negara tetangga di kawasan Asean, yakni Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Untuk itu, masyarakat Indonesia dinilai butuh edukasi tentang bagaimana mengatur keuangan mereka. Padahal, dengan perencanaan keuangan bisa mengurangi stres finansial dan mempersiapkan masa pensiun. 

Slah satu aplikasi pintar untuk solusi finansial, OY! Indonesia menyebut ada beberapa alasan kenapa masyarakat harus memiliki perencanaan keuangan pribadi.

Pertama, bisa meningkatkan cash flow. Caranya dengan memantau pola dan sifat dari pengeluaran yang biasa dilakukan. 

Lalu, perencanaan finansial bisa membantu masyarakat mengidentifikasi kesalahan. Terlebih dalam penggunaan dana yang selama ini dianggap kurang tepat sasaran.

Alasan lainnya adalah demi mewujudkan tujuan hidup dan memiliki dana darurat. Kita tak bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depan. Ada baiknya bersiap dalam menghadapi segala kemungkinan.

Terakhir tentunya agar bisa menikmati masa pensiun yang nyaman. Sangat penting untuk menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, baik dengan berinvestasi atau menabung. Semua tentunya harus direncanakan dengan seksama.

Artikel Menarik Lainnya:

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 18, 2020 at 10:03PM
https://ift.tt/2UuMrer

Alasan Perencanaan Keuangan Sangat Penting pada Masa Kini - Indozone.id
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Perencanaan Keuangan Sangat Penting pada Masa Kini - Indozone.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.