Search

Virus corona: Apakah yang dimaksud dengan isolasi diri dan mengapa itu penting? - BBC Indonesia

Merebaknya wabah virus corona membuat banyak negara menganjurkan isolasi diri sendiri pada warganya. Apa itu isolasi diri sendiri dan mengapa itu penting?

Isolasi diri sendiri adalah cara melindungi orang lain dari penyebaran wabah Covid-19 dengan cara berdiam diri di rumah.

Isolasi diri sendiri ini sangat penting dilakukan oleh mereka yang telah atau kemungkinan terjangkit virus SARS-CoV-2. Ini adalah salah satu cara yang paling efektif mencegah virus menyebar.

Lamanya isolasi diri sendiri ini bisa dilakukan sesuai rekomendasi karantina Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni selama 14 hari.

Simak juga:

Jika selama 14 hari itu tidak ada gejala yang timbul dan Anda dinyatakan sehat oleh petugas medis, itu berarti Anda bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Lalu bagaimana cara mengisolasi diri sendiri? Wartawan kesehatan BBC News Fergus Walsh menyebut, jika Anda tinggal sendiri, Anda bisa menggunakan layanan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun beri pesan pada kurir untuk meletakkan barang belanjaan di depan pintu.

Jika Anda tinggal bersama orang lain, pastikan kamar Anda memiliki ventilasi yang baik dan tetaplah berada di dalam kamar dengan pintu tertutup. Gunakan kamar mandi setelah semua orang dan jangan berbagi handuk atau peralatan mandi.

Selain itu, pisahkan sampah Anda dan bungkus dua kali.

"Satu hal yang harus diingat, virus corona baru hanya menimbulkan gejala ringan hingga sedang pada empat dari lima orang," kata Walsh.

Video Editor: Lesthia Kertopati

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 03, 2020 at 04:35PM
https://ift.tt/2ThVmAb

Virus corona: Apakah yang dimaksud dengan isolasi diri dan mengapa itu penting? - BBC Indonesia
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Virus corona: Apakah yang dimaksud dengan isolasi diri dan mengapa itu penting? - BBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.