Search

Wabah Virus Korona, Peran Perwakilan Dagang di Luar Negeri Kian Penting - Okezone Economy

JAKARTA – Di tengah penyebaran wabah virus Covid-19 yang melanda di dunia, perwakilan perdagangan di luar negeri mengemban tugas yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Tak hanya itu, perwakilan perdagangan juga berperan penting atas kesuksesan penyelenggaraan promosi dan misi dagang di luar negeri.

"Peningkatan peran perwakilan perdagangan sangat krusial. Hal ini karena kesuksesan program tersebut membutuhkan dukungan dan peran aktif dari perwakilan perdagangan di luar negeri yang melakukan persiapan dari sebelum kegiatan promosi dan misi dagang sampai pasca pelaksanaan kegiatan promosi dan misi dagang tersebut sehingga capai transaksi yang ditargetkan,” imbuh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) periode 2019—2020 Dody Edward dilansir dari laman Kemendag, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Cegah Korona Masuk, 3 Pintu Jateng Ini Diawasi Ketat

Menurut Dody, Kementerian Perdagangan merencanakan program yang terkait dengan promosi nasional terdiri dari misi dagang, promosi terintegrasi, pameran, partisipasi Expo 2020 Dubai, Trade Expo Indonesia, Primaduta, penyusunan intelejen bisnis, ina export, kerja sama Designers Dispatch Service (DDS) & Good Design Indonesia (GDI), serta program export coaching.

"Kementerian Perdagangan juga mengembangkan layanan satu atap (one stop service) untuk memberikan kemudahan informasi pelayanan untuk ekspor bagi pelaku usaha. Perwakilan perdagangan juga dapat menggunakan satu sistem promosi digital perdagangan. Di sistem ini, perwakilan perdagangan di luar negeri dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi anggota (buyer), membuat permintaan (inquiry), menginput bisnis intelijen, dan memberikan informasi terkini seputar pameran dagang," jelasnya.

Baca Juga: 2 WNI Kena Korona, Masyarakat Diimbau Tak Belanja Berlebihan

Menurut Dody, perwakilan perdagangan dapat mendukung layanan ini melalui verifikasi data buyer di basis data Kementerian Perdagangan, pemanfaatan ina export untuk pertemuan buyer dengan eksportir, serta menyampaikan profil eksportir yang dimiliki ke Kementerian Perdagangan termasuk profil eksportir yang mengikuti pameran di negara akreditasi. Saat ini, ada enam negara tempat perwakilan perdagangan di dunia yang akan menjadi proyek percontohan. Keenam negara tersebut, yaitu Jepang, Arab Saudi, Korea Selatan, Tiongkok, Uni Emirat Arab, dan Australia.

(kmj)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
March 03, 2020 at 02:52PM
https://ift.tt/3ajZeXh

Wabah Virus Korona, Peran Perwakilan Dagang di Luar Negeri Kian Penting - Okezone Economy
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wabah Virus Korona, Peran Perwakilan Dagang di Luar Negeri Kian Penting - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.