Search

Penting atau Tidak Anak Playdate Bersama Teman Sebaya? - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Saat anak mulai sekolah, mereka bertemu banyak teman sebaya. Anak juga mulai mengenal anak lain dan berinteraksi satu sama lain di lingkungan sekolah. Tak sedikit orang tua yang menyusun jadwal untuk playdate, acara bermain bersama di luar jam sekolah, terutama untuk usia kelompok bermain dan taman anak-anak.

Bermain memang sangat penting untuk perkembangan anak-anak, tapi playdate atau acara bermain bersama belum tentu. “Teman bermain tidak mutlak diperlukan jika seorang anak mendapatkan paparan harian terhadap anak-anak di taman kanak-kanak, sekolah, dan taman bermain,” kata Emily W. King, Ph.D., seorang psikolog berlisensi di Raleigh, North Carolina yang berspesialisasi untuk anak dari segala usia.

Anak-anak juga dapat memperoleh dosis waktu bermain yang baik dengan teman sebaya dalam kegiatan yang terorganisir, acara komunitas, dan permainan gratis dengan saudara kandung, sepupu, dan anak-anak tetangga. "Dengan kata lain, yang diperlukan adalah paparan sosial secara teratur ke teman sebaya yang seusia, sehingga mereka dapat mengasah keterampilan bermain di tingkat perkembangan sosial yang sama,” ujar King seperti dilansir dari laman Good Housekeeping.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bermain dengan anak-anak seusia mereka - atau orang dewasa! - membantu anak-anak belajar keterampilan sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan pengaturan diri. Anak-anak dengan keterampilan sosial, laporan AAP 2018 mengatakan, lebih mampu mendengarkan arahan, memperhatikan, menyelesaikan perselisihan dengan kata-kata, dan fokus pada tugas-tugas tanpa pengawasan terus-menerus.

Tetapi ini tidak harus terjadi segera. Ketika anak-anak benar-benar kecil, playdate untuk siapa? “Walaupun saya pikir penting bagi perkembangan motorik dan sosial bagi bayi untuk menghabiskan waktu bersama bayi lain, teman bermain selama tahap bayi benar-benar untuk ibu dan ayah,” kata Dr. King.

Karena menjadi orang tua adalah perubahan monumental dalam kehidupan kita, berada di sekitar orang lain dalam keadaan transisi yang sama dapat meringankan keraguan dan ketakutan diri yang tak terhindarkan. Pertemuan bayi terutama untuk orang dewasa yang terhubung dan belajar satu sama lain, kata King.

Namun, seiring bertambahnya usia, mereka membutuhkan hubungan yang sama dengan anak-anak seusia mereka, melewati tahap-tahap perkembangan yang membingungkan dan menggairahkan. “Balita dan anak prasekolah membutuhkan sebanyak mungkin paparan sosial,” kata Dr. King.

Dokter anak merekomendasikan orang tua mendorong anak usia 1 hingga 3 tahun untuk berinteraksi dengan teman sebaya, dan orang tua harus menjadwalkan kegiatan sosial untuk anak usia 3 hingga 6. "Baik anak-anak dan orang tua mendapat manfaat dari sosialisasi pada saat ini," tambah Dr. King. "Namun , anak-anak prasekolah yang berada di taman kanak-kanak penuh waktu kemungkinan bisa mendapatkan paparan yang cukup untuk anak-anak lain di sekolah. ”

Dalam beberapa kasus, mungkin anak yang tidak begitu bersemangat untuk bermain, dan itu tidak apa-apa. “Benar-benar tidak ada alasan, atau manfaat, untuk mendorong anak Anda untuk berpartisipasi dalam jadwal bermain," kata Dr. King. "Jika anak Anda introvert atau lebih suka waktu sendirian setelah hari sekolah yang sibuk, mereka cenderung memilih waktu tenang ini untuk alasan ... untuk pulih. "

Ketika mereka mencapai usia di mana mereka cenderung mendapat manfaat dari bermain dengan anak-anak lain, ada cara untuk mengekspos anak-anak untuk interaksi yang bergizi secara sosial tanpa memicu kecemasan Anda sendiri. Daripada pergi ke taman bermain, di mana Anda akan dipaksa untuk bercakap-cakap dengan orang tua lain sepanjang waktu, Dr. King menyarankan kegiatan yang lebih terstruktur, seperti acara di museum anak-anak atau permainan bowling.

“Setiap kali ada rencana untuk diikuti, orang tua dapat fokus pada lebih banyak melakukan dan lebih sedikit pada menjaga percakapan orang dewasa,” katanya.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
October 29, 2019 at 01:28PM
https://ift.tt/2Wo84NV

Penting atau Tidak Anak Playdate Bersama Teman Sebaya? - Tempo
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting atau Tidak Anak Playdate Bersama Teman Sebaya? - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.