Search

Veronica Tan: Pendidikan Karakter Penting untuk Memperkuat Karakter Bangsa - m.beritasatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Akhir-akhir ini pentingnya pendidikan karakter menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan di Tanah Air. Pendidikan karakter sejak dini dipercaya menjadi modal awal yang kuat untuk menanamkan pluralisme, toleransi, dan kebhinekaan yang akhirnya memperkuat karakter bangsa.

Hal ini diamini aktivis sosial kemasyarakatan Veronica Tan yang memiliki pandangan sama. Secara khusus, Veronica Tan menyatakan pendidikan karakter sangat penting pada masa kanak-kanak dan remaja. Dengan komposisi penduduk yang didominasi oleh generasi milenial bahkan generasi Z yang mencapai lebih dari 50%,  masa depan bangsa besar ini tergantung kepada karakter generasi muda yang dibentuk dengan baik sedini mungkin.

"Pendidikan karakter anak dan remaja itu sangat penting, karena merekalah generasi penerus yang dapat diharapkan mengubah bangsa," kata Veronica Tan dalam pertemuan dengan Dewan Pimpinan Nasional Generasi Optimis (GO) Indonesia di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Veronica Tan menegaskan harus disadari dari  awal bangsa ini sangat majemuk yang dibentuk dari banyak perbedaan, dijahit dari keberagaman sehingga harus terus diperkuat untuk memperkaya karakter bangsa. "Generasi milenial dan bahkan generasi Z yang jumlahnya lebih dari 50%, harus selalu kita tanamkan sifat saling toleransi, saling menghargai, dan saling tenggang rasa," ujarnya.

Dalam rangka pendidikan karakter dan pemupukan jiwa saling menghormati dan menghargai, GO Indonesia mengapresiasi inisiasi dan ikhtiar Veronica Tan dalam menyelenggarakan "Operet Aku Anak Rusun" pada 16 November 2019 mendatang. Sekretaris Jenderal GO Indonesia, Tigor Mulo Horas menilai pementasan "Operet Aku Anak Rusun" adalah cara sederhana untuk menanamkam indahnya hidup keberagaman atau kebinekaan dalam harmonisasi kehidupan.

"Kami melihat Bu Vero aktif dalam pendidikan karakter bagi anak dan remaja, hal ini sejalan dengan misi GO Indonesia. Untuk itu kami mendorong lebih banyak orang hadir dan menyaksikan pementasan ini pada 16 November 2019 yang  dipersiapkan secara ekselen," kata Horas.

GO Indonesia juga mendorong orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki rela mendonasikan untuk  kegiatan sosial tumbuh kembang anak-anak Indonesia ini.

Menurutnya bangsa ini sedang diserang virus rasisme yang ujungnya berakibat pada radikalisme dan berimbas disintegrasi bangsa. "Nah pendidikan karakter dan pemupukan sikap toleran, serta saling menghormati antar anak bangsa adalah obat untuk mengatasi virus mematikan itu," tegas Horas.

Pakar intelijen dan politik itu juga menyatakan menyatakan bahwa segenap rakyat Indonesia perlu menjaga kerukunan dan sikap saling menghargai di antara anak bangsa yang beragam suku, agama, ras, golongannya.

"Bangsa kita ini bineka. Tuhan menganugerahkan demikian sedari awal. Sekarang menjadi tanggung jawab kita untuk memelihara kebinekaan ini demi terciptanya masyarakat yang harmonis dan damai," pungkas Horas.

Sumber: Suara Pembaruan

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
October 19, 2019 at 04:22PM
https://ift.tt/2P1kv0p

Veronica Tan: Pendidikan Karakter Penting untuk Memperkuat Karakter Bangsa - m.beritasatu.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Veronica Tan: Pendidikan Karakter Penting untuk Memperkuat Karakter Bangsa - m.beritasatu.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.