Search

5 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini - Suara.com

Suara.com - Bukan tanpa alasan jika buku disebut-sebut sebagai jendela dunia. Buku tak hanya memberi pengetahuan, tapi juga bisa mengajak pembaca berimajinasi dan beradaptasi dengan ide-ide baru. Itu sebabnya, membaca buku merupakan kegiatan yang sangat penting untuk perkembangan anak, tidak hanya secara akademis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca buku secara teratur dapat membantu anak-anak memahami dunia yang terus berubah, memperluas kekuatan imajinasi, meningkatkan pemikiran kreatif, dan juga meningkatkan kosakata mereka.

Meskipun tidak ada kriteria khusus mengenai usia yang tepat untuk mulai menanamkan kebiasaan membaca buku, tapi banyak pakar meyakini bahwa semakin dini akan semakin baik.

Berikut adalah lima alasan mengapa Anda para orangtua harus mendorong kebiasaan membaca buku pada anak sejak dini, dilansir dari Times of India.

1. Meningkatkan kosa kata

Anak dengan kosa kata yang banyak adalah anugerah, tapi itu juga bisa diciptakan dengan memperkenalkan buku bacaan kepada mereka sejak dini. Semakin banyak anak membaca, maka semakin banyak kosa kata yang akan mereka kuasai.

Bacaan yang beragam memungkinkan anak untuk menguasai kosa kata yang bahkan belum pernah mereka dengar sebelumnya.

2. Mendorong rasa haus akan ilmu pengetahuan

Tidak dapat disangkal bahwa buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Mendorong anak-anak untuk memiliki kebiasaan membaca akan membuat mereka melihat dunia luar yang luas.

Membaca akan memunculkan minat dan mengarahkan anak pada rasa ingin tahu. Orangtua dan guru mungkin harus menghadapi sesi tanya jawab dan mencari jawaban saat anak dilanda rasa ingin tahu yang besar, tetapi semua itu akan sepadan dengan hasilnya.

3. Meningkatkan intelektualitas anak

Buku yang bagus dapat meningkatkan perkembangan emosional dan intelektual anak. Buku adalah sarana untuk menemukan minat dan bakat tersembunyi anak, karena buku membuat anak-anak bebas untuk melihat lingkungan sekitarnya dari perspektif baru, yang berbeda dari yang selama ini ia lihat sehari-hari.

Pada usia dini, anak-anak dapat belajar untuk bersikap empatik dan liberal dalam pandangan mereka. Dengan kata lain, poin ini mengungkapkan dengan tepat ungkapan 'Anda adalah apa yang Anda baca'.

4. Meningkatkan komunikasi yang efektif

Komunikasi yang efektif sangat penting, mengingat bagaimana kita harus mengejar ketertinggalan dengan kehidupan modern yang serba cepat. Kemampuan membaca dengan lancar membantu anak membuat 'kamus' sendiri dan memudahkan tugasnya untuk memahami. Anak-anak yang mengembangkan kebiasaan membaca pada usia dini akan lebih ekspresif dibandingkan dengan mereka yang jarang membaca.

5. Para pembaca adalah calon pemimpin

Membaca membuat seseorang menjadi kaya dalam hal wawasan. Ini adalah investasi paling efektif yang dapat dilakukan orangtua untuk menyukseskan anak dalam berbagai aspek kehidupan.

Membaca akan selalu membantu anak tumbuh sebagai individu yang inspiratif dan cerdas, yang dapat menerapkan ilmunya kapan pun dan di mana pun, yang dibutuhkan untuk kemajuan bangsa.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
November 18, 2019 at 01:15PM
https://ift.tt/37hI2kf

5 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini - Suara.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.