Search

Penting, Ini 3 Peran Keluarga untuk Penderita Diabetes - Suara.com

Suara.com - Bagi penderita diabetes, keluarga memiliki peranan penting dalam hal deteksi, mencegah, dan menangani penyakit diabetes tipe 2.

Dalam hal deteksi, peran keluarga adalah untuk mengetahui semua ciri dan gejala diabetes untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi. Demikian dikatakan Prof. Dr. Sidartawan Soegondo kampanye Hari Diabetes Sedunia 2019 yang diselenggrakan oleh Merck Sharp Dohme (MSD) Indonesia bersama dengan Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkeni, dan Persada, Selasa (26/11/2019).

Sementara itu, lanjut Prof. Sidartawan, pada diabetes tipe 1, jika tidak dideteksi dini, kondisi ini dapat menyebabkan disabilitas dan menimbulkan kematian.

Itu sebabnya, keluarga perlu menyadari betapa pentingnya kepatuhan dalam pengobatan diabetes yang harus dilakukan seumur hidup, terutama mencegah komplikasi lebih lanjut.

"Data terbaru Riset Kesehatan Dasar 2018, menunjukkan angka prevalensi nasional diabetes melitus berdasarkan diagnosis dokter pada usia >15 tahun adalah 2% dan angka prevalensi di Provinsi DKI Jakarta 3,4%," ucap dr. Dwi Oktavia Handayani di acara yang sama.

Kampanye gerakan dengan tagar #LindungiKeluargadariDiabetes yang diiniasiasi dalam rangka Hari Diabetes Sedunia dan Bulan Kesadaran Diabetes Dunia ini bertujuan untuk mengajak seluruh keluarga di Indonesia untuk mengetahui resiko diabetes, dan juga meningkatkan kesadaran dari pengaruh diabetes terhadap pasien dan keluarga. Diharapkan, kampanye ini dapat membantu menemukan penyandang diabetes yang belum menyadari jika dirinya terkena diabetes.

Dalam kampanye ini juga diberikan edukasi CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. (Aflaha Rizal)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
November 27, 2019 at 03:23PM
https://ift.tt/2QRCasp

Penting, Ini 3 Peran Keluarga untuk Penderita Diabetes - Suara.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting, Ini 3 Peran Keluarga untuk Penderita Diabetes - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.