Search

Agar jadi Negara Maju, Ma'ruf Amin: Kolaborasi Ekonomi Penting - Tempo

TEMPO.CO, Nusa Dua - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN berkolaborasi dengan pengusaha kecil UMKM untuk mempercepat terwujudnya Indonesia sebagai negara maju. Dengan begitu, perekonomian bisa maju dan tercipta kesejahteraan rakyat.

"BUMN menggandeng pengusaha-pengusaha kecil UMKM, juga pengusaha-pengusaha swasta besar. Sehingga ada kolaborasi dalam membangun ekonomi," kata Ma'ruf di sela pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2019 di Bali, Jumat, 29 November 2019.

Ma'ruf Amin menjelaskan pemerintah telah menetapkan berbagai program yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada. "Guna pelaksanaan program yang tepat sasaran tersebut, maka diperlukan peran serta pelaku dunia usaha untuk mewujudkannya," katanya.

Terlebih, menurut Ma'ruf Amin, untuk menjaga ekonomi Indonesia tetap tumbuh terdapat sejumlah masalah yang cukup besar yang hanya bisa dituntaskan melalui kolaborasi sejumlah perusahaan. Masalah ini di antaranya yakni meningkatkan kembali laju perekonomian di tengah ketidakpastian akibat perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat.

Ma'ruf Amin juga menilai Indonesia harus berbenah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia misalnya dengan mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi untuk mendorong kesejahteraan. Termasuk menekan angka kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran yang masih dalam kategori tinggi. Gambaran statistik kesejahteraan ini harus jadi acuan untuk segera diturunkan.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin menyebutkan struktur perekonomian Indonesia masih memiliki ketergantungan tinggi terhadap impor. "Angka Ekspor harus ditingkatkan untuk memperkecil defisit neraca perdagangan dan perekonomian semakin membaik," tuturnya.

Oleh karena itu, Ma'ruf Amin menilai para regulator bidang perekonomian juga harus meningkatkan sinergitas dan usaha bersama. Sinergi ini harus ditunjukkan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, termasuk para pelaku usaha. 

BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
November 29, 2019 at 01:49PM
https://ift.tt/2stpdeb

Agar jadi Negara Maju, Ma'ruf Amin: Kolaborasi Ekonomi Penting - Tempo
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Agar jadi Negara Maju, Ma'ruf Amin: Kolaborasi Ekonomi Penting - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.