Search

Guru Diyakini Punya Peran Penting pada Kemerdekaan Indonesia | Politik - Gatra

Jakarta, Gatra.com -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswaedan mengatakan bahwa sejatinya guru mempunyai peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, gerakan dari kaum-kaum terdidik pada era pergerakan pemuda sebelum kemerdekaan lah yang membawa Indonesia saat ini menuju gerbang kemerdekaan.

"Perjuangan kaum terdidik pada era 1900 hingga 1945 di tahun puncaknya membawa kita pada kemerdekaan. Mereka adalah hasil dari pendidikan. Tanpa orang-orang terdidik, maka sejarah Indonesia mungkin akan berbeda," ungkap Anies saat ditemui di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Jumat (22/11).

Baca Juga: Diduga Sakit Hati, Siswa SMA di Bantul Tusuk Gurunya

Atas dasar itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut mengakui bahwa peran pendidikan itu sangatlah besar bagi Indonsia. Serta dalam pendidikan, guru merupakan sosok kunci yang memegang perubahan tersebut.

Sehingga ke depan, Anies mengharapkan para guru untuk bisa menjadi pendidik yang baik dan mempunyai karakter yang selalu ingin belajar. Karena sudah sepatutnya sosok guru harus selalu ingin belajar.

"Kalau guru bisa menjadi guru pembelajaran yang ingin selalu belajar, maka ilmu pengetahuan yang berkembang amat pesat ini akan dengan baik tersampaikan di ruang-ruang kelas," jelas Anies.

Baca Juga: Gubernur Maluku: Ada Oknum Disdikbud Minta Jatah dari Guru

Untuk itu, dia mengapresiasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai organisasi guru yang mengawal kehidupan pendidikan Indonesia sejak saat Kemerdekaan 1945. Anies berharap, sebagai organiasi guru terbesar, PGRI bisa terus menjaga marwah guru sebagai mana saat itu didirikan.

"Jadi ke depan, saya harap PGRI makin berkembang. Apalagi sekarang dengan dipimpin Bu Unifah yang dipercaya. Pengalaman beliau dalam pendidikan organisasi, insyaallah akan membuat PGRI makin besar berkembang dan memberikan manfaat bagi guru," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Anies berkesempatan hadir untuk memimpin Upacara dan Tabur Bunga bersama para guru PGRI di Taman makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Selain memimpin upacara, Anies juga berkesempatan untuk melakukan tabur bunga di makam mendiang Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie beserta Istri, Ainun Habibie.


Reporter: Ucha Julistian
Editor: Flora L.Y. Barus


Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
November 22, 2019 at 01:27PM
https://ift.tt/338y01U

Guru Diyakini Punya Peran Penting pada Kemerdekaan Indonesia | Politik - Gatra
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Guru Diyakini Punya Peran Penting pada Kemerdekaan Indonesia | Politik - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.