Search

Wapres JK: Peran Masyarakat Pesisir Penting dalam Menjaga Keberlanjutan Laut - Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut perlunya pemberdayaan masyarakat pesisir dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang berkaitan dengan kelautan. Lantaran laut memiliki beragam sumber daya yang bernilai ekonomi, tetapi juga perlu dijaga ekosistemnya.

JK menyatakan, laut perlu mendapatkan perhatian lebih, mengingat dari sekitar 8 juta kilometer persegi luas wilayah Indonesia, 78% merupakan lautan dan 22% daratan. Oleh sebab itu, perlu peran berbagai pihak untuk menjaga potensi laut Indonesia.

Wapres Jusuf Kalla

"Di samping luasnya, laut juga memiliki berbagai fungsi yang di mana hidup puluhan juta orang Indonesia bergantung di sana," ungkapnya dalam pembukaan SDGs Annual Conference 2019 terkait Laut Berkelanjutan di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Fungsi tersebut yakni terkait kekayaan alam di laut, mulai dari terumbu karang, ikan, mineral, arus laut yang dimanfaatkan menjadi energi, sumber air, hingga tempat pariwisata. Dalam hal ini, utamanya peran masyarakat pesisir sangat diperlukan.

Baca Juga: Menhub Buka-bukaan soal Pentingnya Peran Swasta di Bandara

"Karena tanpa peningkatan sumber daya masyarakat pesisir, Indonesia enggak bisa mendapatkan sumber alam yang baik, termasuk dalam hal meningkatkan pariwisata. Masyarakat pesisir seharusnya menjaga (lingkungan sekitar), sehingga jangan rusak terumbu karang, jangan di bom," katanya.

Oleh sebab itu, JK meminta untuk seluruh masyarakat di Indonesia, utamanya yang tinggal di pesisir pantai, bisa menjaga sumber daya laut sebaik mungkin. Sehingga kekayaan alamnya tidak tergerus namun tetap bisa menjadi sumber ekonomi.

Wapres Jusuf Kalla

"Laut itu yang mempersatukan negeri ini, bukan memisahkan. Jadi laut bagi Indonesia memiliki fungsi yang menghadirkan sumber devisa, itu lewat pariwisata," katanya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
October 08, 2019 at 12:54PM
https://ift.tt/33et5wJ

Wapres JK: Peran Masyarakat Pesisir Penting dalam Menjaga Keberlanjutan Laut - Okezone
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wapres JK: Peran Masyarakat Pesisir Penting dalam Menjaga Keberlanjutan Laut - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.