Search

4 Tips Penting dalam Membangun Kekuatan Finansial - iNews

JAKARTA, iNews.id - Membangun kekuatan atau kemandirian finansial tidak hanya tentang menghadapi dampak pandemi virus corona semata. Memang betul para ahli keuangan mengatakan wabah Covid-19 dapat memengaruhi penghasilan Anda, bahkan jika tidak terinfeksi sekalipun. 

Namun kekuatan finansial adalah hal penting yang harus dibangun saat ada atau tidak adanya pemicu gangguan keuangan. Jika Anda berhasil dalam hal itu, kepercayaan diri akan timbul saat menghadapi situasi sulit di masa-masa mendatang. "Selalu rencanakan sebelumnya untuk hal yang tidak kita diketahui," kata Amy Shepard, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri perusahaan keuangan Sensible Money yang berbasis di Arizona Amerika Serikat.

Dikutip dari Grow Acorns berikut tips untuk membantu Anda menghadapi kondisi darurat keuangan, serta bangkit untuk sukses disaat prospek kembali membaik.

Prioritaskan Bangun Dana Darurat

Para ahli mengatakan satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi ekonomi yang sulit adalah memiliki tabungan tunai untuk membantu bertahan. "Punya dana darurat, akan memberi Anda bantalan sehingga Anda tidak harus berhutang," ujar Shepard.

Para ahli merekomendasikan cara berhemat yang tepat yaitu mencukupi biaya tiga hingga enam bulan ke depan. Kebanyakan orang lemah dalam hal itu. Di negeri Paman Sam itu sendiri hanya 41 persen orang yang memiliki cukup uang yang disisihkan untuk menangani keadaan darurat, data dari Bankrate. Sedangkan 28 persen tidak memiliki tabungan darurat sama sekali.

Bayar Utang untuk Bebaskan Kredit

Kebanyakan orang tidak memiliki cukup uang tabungan untuk melalui keadaan ekonomi sulit, jalan lain mereka adalah pastinya meminjam uang, baik dengan mengambil pinjaman baru atau membebankan biaya ke kartu kredit. Jika Anda harus meminjam, kata para ahli penting untuk merencanakan ke depan perihal kemampuan membayarnya dengan murah dan aman.

Untuk mencegah kondisi terburuk, sebaiknya Anda fokus membayar utang apa pun yang dimiliki sekarang, terutama utang kartu kredit tingkat tinggi. Anda mungkin juga bisa lakukan konsolidasi utang, itu akan memberi fleksibilitas dalam anggaran di mana beberapa kredit yang tersedia digunakan untuk keadaan darurat saja.

Pertimbangkan Tambah Sumber Penghasilan

Pikirkan tentang peluang lain yang mungkin Anda miliki untuk menambah penghasilan. Jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan semata, itu akan membuat Anda jatuh saat menghadapi masa sulit seperti hari ini. Ada banyak sekali platform serta fasilitas untuk belajar bisnis baru hanya dari gadget Anda saja. Momentum kemajuan teknologi saat ini harusnya membuat Anda cerdas memanfaatkan situasi.

“Uang tambahan di luar penghasilan tetap yang Anda miliki setiap bulan untuk berinvestasi, akan membantu jika Anda menghadapi situasi tersulit,” ujar perencana keuangan bersertifikat Shannah Compton Game, pembawa acara podcast Millennial Money.

Bangun Anggaran dan Rencanakan Pengeluaran

Guncangan ekonomi bisa saja terjadi tanpa Anda perkirakan. Mulailah mencoba memetakan pengeluaran sekarang sehingga Anda memiliki rencana untuk bertahan. Pertama, jika Anda belum memiliki anggaran keuangan, sekarang menjadi waktu yang tepat untuk membuatnya.

Pertimbangkan untuk memotong biaya yang tidak penting dengan mencari tahu apa yang anda keluarkan untuk kebutuhan hidup Anda. Semua pengeluaran baik makanan, pakaian, termasuk hal-hal seperti langganan, kebutuhan ponsel dan lainya.

Dengan membiasakan itu Anda dapat menunda pengeluaran berlebihan, seperti berlangganan siaran yang sebenarnya tidak Anda butuhkan atau membeli alat rumah tangga yang mahal tapi tidak fungsional. Dengan itu Anda akan tahu cara mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan uang lebih sedikit.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 18, 2020 at 06:49PM
https://ift.tt/2Vx1p3K

4 Tips Penting dalam Membangun Kekuatan Finansial - iNews
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tips Penting dalam Membangun Kekuatan Finansial - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.