Search

Ketahanan Pangan dan Peran Penting Bulog - Suara Pembaruan

Jakarta, Beritasatu.com - Kondisi ketahanan pangan sepatutnya menjadi perhatian pemerintah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Persiapan pangan untuk rakyat sangat penting. Pemerintah memiliki Badan Urusan Logistik (Bulog) yang mengetahui persis kondisi ketahanan pangan.

Baca Juga: DPR Minta Bulog Pastikan Stok Pangan Aman

"Berapa banyak bahan pokok yang disimpan di gudang, berapa banyak lahan penghasil kebutuhan pokok di negeri ini, Bulog yang lebih detil mengetahuinya," kata chairman John Caine Center (JCC) Najib Attamimi dalam keterangannya, Senin (27/4/2020).

Menurut Najib, pemerintah dapat menggunakan Bulog sebagai lembaga penyalur kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Beras dan kebutuhan pokok lainnya disalurkan kepada pihak pemerintah desa. Sebab masing-masing desa di Indonesia, membentuk Gugus Tugas penanganan Covid-19.

"Beras itu bisa disalurkan kepada pihak desa untuk disalurkan kepada rakyat sesuai dengan data yang ada. Sistemnya, masing-masing warga bisa disuplai beras untuk kebutuhan sebulan. Masing-masing rakyat mendapatkan buku atau kartu catatan untuk menerima bantuan yang dikomando Bulog dan dijalankan oleh pihak desa," ujar Najib.

Baca Juga: Mendag Minta Bulog Optimal Serap Beras Petani

Najib menyatakan buku atau kartu pengambilan beras perlu mencantumkan kolom pengambilan yang hanya bisa dipakai satu kali per bulan. Najib menambahkan, bisa juga menggunakan kartu sekali pakai. Tujuan satu pintu di Bulog dinilai penting supaya penanganannya tidak berbelit.

Najib optimistis apabila hal itu diterapkan, maka ketahanan pangan akan teratur dan terjamin. Potensi kelaparan massal dapat diminimalisir. "Melalui jalur Bulog bisa satu pintu dan aman dari penyelewengan. Mengurangi mata rantai penyelewengan, karena akan mudah diawasi dan dipantau," ucap Najib.

Najib menuturkan jajaran TNI dan lembaga terkait lainnya harus menjadi pelopor pemaksimalan lahan kosong untuk ditanami tanaman yang sekiranya dapat dipanen dalam waktu dekat.

Baca Juga: Bulog Pastikan Stok Pangan Cukup

"Ketahanan pangan ini harus dimulai dan dipelopori pihak TNI di seluruh desa di Indonesia. Hutan-hutan kosong atau hutan lindung, sementara bisa dipakai tanaman bahan pokok. Ini harus dilakukan pemerintah," kata Najib.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 27, 2020 at 07:49PM
https://ift.tt/2S939iL

Ketahanan Pangan dan Peran Penting Bulog - Suara Pembaruan
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahanan Pangan dan Peran Penting Bulog - Suara Pembaruan"

Post a Comment

Powered by Blogger.