Search

Disebut Sri Mulyani Punya Peran Penting Untuk UMKM, LPEI Justru Naikkan Bunga Saat Pandemi Covid-19 - Wartakota

MENTERI Keuangan Sri Mulyani menyebut Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)-Indonesia Eximbank (IEB) mempunya peran penting terhadap Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).  

Ya, LPEI merupakan lembaga keuangan khusus bentukan pemerintah di bawah Kementerian Keuangan yang salah satu tugasnya adalah mengakomodasi UMKM.

“LPEI memiliki peranan penting terhadap Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Pemerintah sudah meletakkan UMKM sebagai prioritas dari transformasi ekonomi Indonesia melalui berbagai program, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), termasuk subsidi bunga, seharusnya bisa dikombinasikan dengan LPEI untuk juga mendorong UMKM yang mampu melakukan ekspor secara kompetitif," ucap Sri Mulyani saat melantik Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI pada Senin (30/12/2019), seperti diberitakan Kompas.com. 

Namun, kini LPEI justru menaikkan suku bunga kredit sebesar 2 persen USD dari 6 persen ke 8 persen di tengah pandemi covid-19 atau virus corona.

Kebijakan LPEI disebut sangat memberatkan para pengusaha yang menjai nasabah LPEI. 

Jokowi Dorong Relaksasi, LPEI Justru Naikkan Suku Bunga 2 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Anggota DPR RI Komisi XI, Sarmuji, mengatakan, penaikan suku bunga di saat pandemi covid-19 tidak seharusnya terjadi dengan alasan apapun, apalagi oleh lembaga keuangan yang dimiliki oleh negara/pemerintah.

"Menjadi tidak masuk akal di mana pemerintah mengimbau lembaga keuangan BUMN dan swasta untuk melakukan relaksasi, tetapi LPEI di bawah kementerian keuangan justru menaikkan suku bunga," kata Sarmuji dalam pesan singkatnya kepada Warta Kota, Jumat (17/4/2020).

Sarmudji mengatakan bahwa komisi XI sudah memanggil LPEI terkait hal tersebut.

"Sudah dipanggil komisi, tapi berkenaan dengan materi pembahasan, karena rapat tertutup, tidak bisa disampaikan kepada publik," kata Sarmuji.

Menjadi tidak masuk akal juga lantaran sebenarnya Presiden Jokowi sangat mendorong program relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi UMKM agar segera dieksekusi sebagai langkah membantu pengusaha melewati pandemi covid-19 atau virus corona.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 19, 2020 at 06:41PM
https://ift.tt/34KK1No

Disebut Sri Mulyani Punya Peran Penting Untuk UMKM, LPEI Justru Naikkan Bunga Saat Pandemi Covid-19 - Wartakota
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disebut Sri Mulyani Punya Peran Penting Untuk UMKM, LPEI Justru Naikkan Bunga Saat Pandemi Covid-19 - Wartakota"

Post a Comment

Powered by Blogger.