Search

Bukan Hanya Tangan, Kebersihan Rongga Mulut Juga Penting Guna Cegah Corona - Suara.com

Suara.com - Bukan hanya kebersihan tangan, menjaga kebersihan saluran pernafasan termasuk rongga mulut dan tenggorokan ternyata penting guna mencegah penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Salah satunya dengan menggunakan preparat alami yang mengandung Iota Carrageenan yang dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona seperti hCOV, SARS-COV, dan MERS-COV, menurut sebuah riset terbaru.

"Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab Covid-19 oleh karena itu kebersihan saluran pernapasan sangat penting," ujar Educator & Trainer Mundipharma, dr. Mery Sulastri dalam siaran persnya, Kamis kepada Antara.

Dia mengatakan, sebuah riset menunjukkan, Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit penapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.

Selain itu, menjaga kebersihan rongga mulut dan tenggorok dengan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung Povidone-Iodine (PVP-I) juga terbukti klinis dapat mencegah SARS-COV dan MERS-COV.

Riset secara in vitro menunjukan indikasi PVP-I skin cleanser 7,5 persen dan PVP-I Gargle and Mouthwash 1 persen efektif melawan SARS COV dan MERS CoV.

"Melihat penelitian secara in vitro yang telah terbukti dari PVP-I, saya yakin metode tersebut efektif untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus dari udara atau tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi," kata Mery.

Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi FKUI, dr Anis Kurniawati mendukung riset tersebut.

Dia mengatakan penggunaan antiseptik dengan aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas, seperti contohnya Povidone-Iodine dapat mendukung dalam mencegah penyebaran infeksi COVID-19.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengimbau masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit dan infeksi melalui kebersihan diri dan saluran pernafasan serta keamanan pangan.

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 16, 2020 at 12:43PM
https://ift.tt/2K84wtZ

Bukan Hanya Tangan, Kebersihan Rongga Mulut Juga Penting Guna Cegah Corona - Suara.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukan Hanya Tangan, Kebersihan Rongga Mulut Juga Penting Guna Cegah Corona - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.