Search

Hari Kartini, Khofifah Sebut Peran Penting Perempuan Hadapi Pandemi Corona - Detiknews

Surabaya -

Momen peringatan Hari Kartini 2020 di tengah pandemi COVID-19 dimaknai berbeda oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah berpesan perempuan harus tangguh menghadapi pandemi Corona.

Gubernur perempuan pertama Jatim ini menyebut peran perempuan selama COVID-19 ini benar-benar sangat diuji. Ujiannya pun ada di semua lini dan bidang kehidupan.

Khofifah menambahkan ujian ini tak hanya di sektor domestik rumah tangga, namun juga pendidikan, ekonomi, serta kesehatan. Di masa kini, perempuan bisa menjadi garda terdepan penanggulangan COVIS-19.

Hal ini dapat terlihat dari data yang dirilis Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI, dimana mayoritas perawat yang meninggal adalah perempuan. Dari 16 orang perawat yang meninggal akibat COVID-19, 11 orang di antaranya adalah perempuan.

"Jadi tahun ini bukan lagi berbicara tentang kesetaraan, tapi signifikansi peran dan tanggung jawab yang diemban para perempuan tersebut," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (21/4/2020).

Selain itu, di sektor domestik rumah tangga, perempuan diharuskan turut menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga. Misalnya dengan memastikan tiap anggota keluarga tetap sehat dan terjaga asupan gizinya.

Di era pandemi ini, perempuan juga berperan sebagai teman sekaligus guru bagi anak-anak selama masa belajar di rumah. Dalam hal ekonomi keluarga, perempuan juga diharap mampu mengelola cashflow agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga selama masa darurat.

Khofifah menyebut tidak ada pilihan lain bagi perempuan selama masa pandemi COVID-19 ini, selain tetap berdiri tangguh dengan seluruh peran yang diemban.

"Bukan tidak mungkin pendapatan keluarga berkurang atau bahkan terkena PHK, sehingga peran perempuan dalam mengatur keuangan rumah tangga sangat dibutuhkan," imbuhnya.

Penghormatan Bagi Petugas Ambulans DKI yang Meninggal Saat Corona:

(hil/fat)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 21, 2020 at 09:25AM
https://ift.tt/3br9JsM

Hari Kartini, Khofifah Sebut Peran Penting Perempuan Hadapi Pandemi Corona - Detiknews
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Kartini, Khofifah Sebut Peran Penting Perempuan Hadapi Pandemi Corona - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.