Search

Penting! RI Perlu Lakukan Ini demi Atasi PHK Imbas Corona - Detikcom

Jakarta -

Penyebaran COVID-19 di berbagai negara membuat perekonomian tertekan dan menyebabkan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan menciptakan pengangguran. Sejumlah negara memiliki cara untuk mengatasi PHK yang terus-terusan terjadi termasuk di negara berkembang.

Menanggapi hal tersebut, Presiden World Bank Group David Malpass mengungkapkan penguatan jaring pengaman sosial adalah hal yang sangat penting dilakukan negara saat ini.

"Kebijakan ini bisa mulai dilakukan dengan mengidentifikasi orang-orang yang paling membutuhkan," kata Malpass dalam video conference, Jumat malam (17/4/2020).

Menurut Malpass pemerintah setiap negara harus memperhatikan cara penyaluran bantuan secara tunai dan penyediaan layanan untuk masyarakat miskin. "Biasanya mekanisme ini dilakukan oleh pemerintah, komunitas, lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun melibatkan sektor swasta," tutur Malpass.

Jaring pengaman sosial ini bisa menjadi upaya sukses untuk menekan kelesuan ekonomi akibat COVID-19. Namun untuk negara berkembang, hal ini bisa jadi sangat sulit karena membutuhkan sistem atau jaringan yang bisa dilakukan secara cepat dan bersamaan.

Untuk menjalankan hal ini, dibutuhkan kegiatan ekonomi dan sistem yang lebih fleksibel. Hal ini agar ada penyesuaian dan kegiatan rantai pasok global dan lokal yang baru.

"Biasanya yang terjadi di negara berkembang adalah masyarakat terganggu aktivitas. Mereka kesulitan bekerja dari rumah, namun mereka juga membutuhkan bahan dan pasokan makanan. Ini butuh penyesuaian," imbuh dia.

Karena itu, ia meminta agar negara juga memperhatikan hal seperti ini. "Sistem dan standar hukum harus baik dan transparan. Jika ini sudah baik, maka bisa diyakinkan hasilnya juga baik," jelas dia.

Simak Video "2024, Jokowi Ingin Tak Ada Lagi Penduduk Sangat Miskin di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
April 18, 2020 at 11:15AM
https://ift.tt/34LqdJw

Penting! RI Perlu Lakukan Ini demi Atasi PHK Imbas Corona - Detikcom
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting! RI Perlu Lakukan Ini demi Atasi PHK Imbas Corona - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.