Search

Penting bagi Ibu Baru, Ini Panduan Memberi ASI Perah untuk Bayi - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu cara untuk tetap memberikan ASI yang dilakukan oleh para ibu bekerja yakni dengan memerah dan menyimpannya. ASI tersebut biasanya disimpan di dalam pendingin, untuk kemudian dicairkan dan dihangatkan sebelum diberikan pada si kecil.

Tapi ada hal yang perlu diperhatikan para ibu saat akan memberikan ASI stok tersebut. Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dokter Elizabeth Yohmi mengatakan bahwa penggunaan ASI harus satu arah.

AYO BACA : Manfaat Albumin dalam Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

"Artinya kalau sudah dari frezeer ditaruh ke chiller untuk dicairkan kemudian terkena udara bebas, dihangatkan lalu diminum bayi. Jadi sisanya gak boleh dibekukan lagi," jelas Elizabeth saat melakukan siaran langsung di Instagram bersama @idai_ig, Selasa (28/4/2020).

Ia menyarankan, sebelum diberikan kepada bayi, ibu sebaiknya menakar jumlah ASI yang sekiranya akan habis dalam sekali minum. Jika ASI masih tersisa, sebaiknya hanya boleh dikonsumsi dalam jangka waktu dua jam.

AYO BACA : Ini Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Tak Puasa

"Misalnya isi botol 100-200 mili jadi yang biasa diminum berapa. Misal 80 cc itulah yang dihangatkan untuk diminum bayi. Kemudian misalnya masih sisa itu masih bisa dikonsumsi dalan waktu dua jam. Tapi kalau itu masih sisa juga harus dibuang," tuturnya.

Sementara itu waktu terbaik untuk pumping ASI, menurut Elizabeth, bisa dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan bayi.

"Diawal itu kita pasti inginnya bayi per dua jam. Jadi sekitar 10 sampai 12 kali sehari, sekitar dua jam atau dua jam setengah mulai ibu memompa payudaranya. Bisa dengan manual tangan atau dengan alat pompa," tuturnya.

AYO BACA : Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Tidak Puasa Ramadan

Let's block ads! (Why?)



"penting" - Google Berita
May 01, 2020 at 01:04AM
https://ift.tt/2WfSfJy

Penting bagi Ibu Baru, Ini Panduan Memberi ASI Perah untuk Bayi - ayobandung.com
"penting" - Google Berita
https://ift.tt/2mMnZYW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting bagi Ibu Baru, Ini Panduan Memberi ASI Perah untuk Bayi - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.